Beranda » Jenis jenis penyakit rematik serta pengertiannya

Jenis jenis penyakit rematik serta pengertiannya

Dilihat 313x

Jenis jenis penyakit rematik serta pengertiannya April 2019

rematik yaitu penyakit yang memunculkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Penyakit rematik terdiri atas bermacam-macam jenis dan dapat menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.
memiliki lebih dari 100 macam rematik dan berikut ini merupakan sebagian jenis rematik yang paling biasa terjadi.
Rheumatoid arthritisRheumatoid arthritis atau artritis reumatoid ialah kondisi saat kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan sendi. akhirnya, sendi-sendi yang terserang akan mengalami peradangan dan memunculkan gejala seperti berikut:sendi menjadi bengkak karena cairan yang menumpukterasa kaku, terutama pada pagi hari atau setelah lama tidak digerakkanMerah dan terasa panasterasa sakit dampak peradangan yang aktifRheumatoid arthritis yang terus berkembang bisa membawadampak kerusakan dan perubahan wujud permanen pada sendi. akibatnya pergerakan sendi mulai kurang dan fungsi sendi bisa hilang sepenuhnya.selain pada sendi, rheumatoid arthritis juga bisa menyebabkan tanda-tanda lain, seperti kecapekan, demam, nyeri otot dan nafsu makan yang berkurang. Rheumatoid arthritis juga bisa berkembang di luar sekeri matros dan menusuk sel lain sebagai mata, kulitkeras, geli-geli dan jantung.
diagnosis rheumatoid arthritis akan dilakukan dokter berdasarkan gejala, perubahan fisik pada sendi, dan diagnosis medis seperti berikut:
X-ray untuk mengecek sendi dan tulang di sekitarnya.Tes darah untuk mengecek jika tubuh benar sedang mengalami peradangan dan untuk mengecek kehadiran faktor reumatoid yang muncul pada separuh penderita rheumatoid arthritis.Ultrasound untuk melihat dalam sendi.MRI scan untuk meneliti sendi lebih lanjut berdasarkan gambar yang lebih detail dan jelas.Pada umumnya penyakit ini tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, tapi dengan pengobatan yang tepat, gejala serta perkembangannya bisa membantu penderita tetap hidup produktif.OsteoartritisOsteoartritis merupakan penyakit persendian yang menimbulkan rasa sakit dan terbatasnya pergerakan sendi, serta seiring waktu dapat menyebabkan kerusakan tulang rawan. Penyakit ini dapat menjangkiti berbagai macam persendian, namun persendian yang paling sering terkena dampaknya ialah jari, leher, kaki, pinggang, lutut, dan pinggul. Penuaan atau bertambahnya usia yakni faktor umum terjadinya osteoartritis. beberapa gejala osteoartritis yang memengaruhi persendian yakni sebagai berikut:persendian terasa sakit, apalagi saat berjalan.persendian menjadi tidak stabil, terasa kaku, dan membengkak.jika disentuh, persendian akan terasa hangat.kecuali itu, osteoartritis juga dapat memicu melemahnya otot dan bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari, bagaikan mengalami kesulitan untuk membungkuk, memakai pakaian, duduk, dan terlebih menggenggam objek.diagnosis osteoartritis dilakukan berdasarkan diagnosis fisik dan tes medis. dokter kemudian akan menyarankan untuk melakukan diagnosis lanjutan seperti berikut:
Tes darah untuk mengetahui jika ada penyebab lain terjadinya nyeri sendi.X-ray untuk melihat taji tulang di sekitar persendian.analisis cairan persendian untuk memeriksa apakah nyeri yang muncul disebabkan oleh infeksi atau kristal asam urat.MRI untuk melihat jaringan lunak, tulang dan tulang rawan secara lebih rinci.


Keywords : ,